Review One Day: Romantisme Sesaat Penggemar Rahasia

February 15, 2021

null

One Day merupakan film drama romantis tentang seorang pekerja IT bernama Denchai (Chantavit Dhanasevi) yang tidak mengalami hubungan kerja yang baik dengan rekan-rekannya di satu perusahaan. Bayangkan ketika tak ada satupun rekan kerja yang tidak mengenal Anda, kecuali teman di bagian kerja yang sama.

Film One Day digarap oleh sutradara Banjong Pisanthanakun, yang terkenal dengan karya filmnya, antara lain dua film horor box office Shutter (2004) dan Alone (2007), kemudian film Hello Stranger (2010), dan film horor komedi Pee Mak (2013).

Dikisahkan dalam One Day yang bisa kalian tonton tanpa berlangganan di TrueID ini, para karyawan di sana hanya memanggil Denchai sekadarnya pada saat sedang membutuhkan bantuan atau ketika komputer mereka bermasalah. Namun, tak selamanya Denchai ini pasrah dengan keadaan itu. Dia yakin akan ada seseorang yang memanggil dia dengan nama asli. 

Suatu hari, Tee (Somyos Matures) yang menjadi kepala bagian IT menyuruh Denchai menemui pegawai yang meminta bantuan. Pria itu merasa rekan kerjanya itu berbeda dengan yang lain karena telah menyebut namanya secara lengkap, dia adalah seorang wanita cantik bernama Nui (Nittha Jirayungyurn).

Denchai jatuh cinta dengan Nui. Setiap hari Denchai berusaha membantu Nui menyelesaikan masalah yang tak disadari oleh perempuan tersebut, mulai dari kesulitan mencari tempat parkir di jam masuk kerja, menyelesaikan misi di game, sampai mengirimkan file lagu-lagu lama yang disukai oleh Nui. Denchai juga terus mencari tahu kebiasaan Nui sehingga dia pasti tahu semua hal tentang wanita itu.

null

Belakangan diketahui bahwa Nui disukai oleh bosnya, Top (Theerapat Sajakul). Padahal, Top telah menikah dan mempunyai satu anak. Top berjanji kepada Nui akan menceraikan istrinya dan menikahi Nui. Dalam acara pesta malam perusahaan, bos Top mengumumkan akan ada tour karyawan ke Hokkaido, Jepang, untuk merayakan kesuksesan kinerja mereka. Tempat ini dipilih karena Top mengetahui Nui sangat ingin mengunjungi event festival salju di pulau yang berada di Jepang bagian utara tersebut.

Setibanya di Hokkaido, Nui bermesraan dengan Top di setiap momen, tentu Nui melakukannya di tempat yang berada jauh dengan rekan-rekan sekantornya. Denchai diam-diam membuntuti. 

Ketika tur sudah selesai, Nui dan Top berencana memperpanjang masa liburan mereka berdua. Namun, Top tidak menyangka istri dan anaknya datang menyusul ke hotel. Istri sang bos ini datang untuk memberitahu bahwa Top akan memiliki anak kedua. Nui yang mengetahui hal tersebut dari kejauhan langsung kecewa dan mengurung diri di dalam kamar.

Nui lalu memutuskan untuk melakukan bunuh diri karena dia yakin Top tidak akan bercerai dengan istrinya. Upaya bunuh diri Nui di arena ski gagal. Sementara, Denchai yang tidak jadi pulang ke Thailand kemudian mencari keberadaan Nui. Denchai bersama para petugas di sana akhirnya menemukan Nui dalam kondisi luka-luka.

Nui pun akhirnya dilarikan ke rumah sakit di Jepang. Dokter (Kaz Sawamura) mengungkapkan kepada Denchai bahwa Nui mengalami amnesia jangka pendek selama satu hari. Nui kehilangan ingatan momen-momen selama empat tahun ke belakang, dan segala aktivitas yang dilakukan satu hari itu akan dilupakan oleh Nui pada keesokan harinya.

Denchai menilai amnesia Nui tersebut bisa menjadi kesempatan bagi dirinya untuk lebih dekat dengan wanita itu. Denchai lalu berbohong kepada Nui yang baru saja sadarkan diri dengan menyebut mereka berdua adalah pasangan kekasih.

Awalnya Nui tak langsung percaya. Bahkan, Denchai sampai dibuat panik karena khawatir kebohongannya terungkap. Butuh waktu cukup lama bagi Nui untuk merasa nyaman dengan Denchai. Pria pengagum rahasia ini memang terus mencoba mengajak Nui ke tempat-tempat wisata yang ingin didatangi sesuai peta rencana yang dibuat Nui jauh-jauh hari.

Nuansa romantis mulai terasa pada saat Nui dan Denchai terjebak di minimarket karena ada badai salju. Padahal, hari itu merupakan hari terakhir festival salju di Sapporo, Hokkaido, event yang sangat ingin dikunjungi oleh Nui. Kedekatan mereka semakin terasa ketika akhirnya Nui dapat mewujudkan impiannya melihat festival salju. 

null

Malam semakin larut dan akan berganti hari. Denchai akhirnya memutuskan untuk mengakui kebohongan di hadapan Nui. Malam terakhir pun berubah menjadi kisah menyedihkan dengan banjir airmata. 

Konflik pun akhirnya muncul, Nui sadar dirinya memang salah berpacaran dengan Top ‘asli’ yang sudah berkeluarga. Ia lalu memutuskan untuk mengambil keputusan besar tentang hubungannya dengan Top.

Tapi apakah keputusan Nui itu menjadi hal baik untuk Denchai? atau keputusan Nui itu tidak berpengaruh bagi perasaan cinta Denchai kepada Nui?. Kisah romantis dalam film One Day (2016) ini bisa kalian streaming di TrueID tanpa berlangganan. 

Kisah cinta yang dialami hanya oleh satu orang kepada seorang lainnya ini memang dapat dialami oleh siapapun. Seseorang, yang merasa terasing di kantor, di kampus, atau di sekolah, diam-diam memendam perasaan terhadap orang lain. Seseorang yang berkeinginan dapat menjalin hubungan asmara walau hanya satu hari karena sadar dirinya bukan manusia sempurna. (Adi)

 


Artikel Terkait

Go Back To Home