Review, Meriam Bellina Jatuh Hati dengan Koboi Sutra Ungu

March 8, 2021
nullOlang Denong (James Lapian) bersenandung untuk sang kekasih, Denok (Meriam Bellina). (screenshot film Koboi Sutra Ungu)

Koboi Sutra Ungu mengisahkan perjalanan koboi kampung bernama Olan Delong yang diperankan oleh James Lapian. Film komedi yang digarap oleh Nya Abbas Akup ini menggandeng grup musik dangdut jenaka, Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, atau biasa disingkat dengan PSP.

Olan Delong dikisahkan mengadu nasib di kota Cibinong Plaza dengan berjualan barang-barang yang semuanya berwarna ungu. Setibanya di kota yang mengambil latar kehidupan ala koboi Amerika itu, dia tidak menemukan kebahagiaan sebelum dia jatuh cinta dengan Denok (Meriam Bellina), gadis cantik anak dari Tuan Barkali (Abah Us Us) dan Nyonya Barkali (Titiek Puspa), pengusaha kaya raya.

Denok pun suka dengan Olan Delong. Keduanya dimabuk asmara. Akan tetapi, kedua orang tua Denok lebih setuju anaknya berpasangan dengan dengan Omar Syarif (Ade PSP), anak laki-laki dari Charles Brondong (Eddy Gombloh), orang terkaya di Cibinong Plaza. Sebab itu, Nyonya Barkali berinisiatif pergi ke dukun untuk mendapatkan ramuan supaya anaknya berpisah dengan Olan Delong.

Botol ramuan itu rupanya salah sasaran. Olan Delong makin betah di rumah Tuan Barkali, sedangkan Denok ingin ‘minggat’ dari rumah. Denok kemudian mengajak Olan Delong pergi meninggalkan rumah. Mereka berdua rela tidur bermalam dengan beratapkan langit.

Keesokan harinya, mereka ditangkap dan dibawa ke kampung Indian. Mereka ditawan dan diberi makanan oleh orang suku Indian. Kabar mengenai anak Tuan Barkali telah diculik oleh Olan Delong ditanggapi kelompok penjahat Al Jiun (Monos PSP) demi mendapatkan hadiah. Al Jiun menemukan Denok dan Olan Delong sehingga kejar-kejaran berlangsung seru dan lucu.

Seusai berhasil melarikan diri dari kejaran kelompok Al Jiun, Olan Delong memilih memulangkan Denok ke rumah. Nyonya Barkali mulai berubah sikap terhadap Olan Delong.

nullMomen ketika Olan Delong akan berduel senjata dengan Omar Syarif (Ade PSP)

Sementara itu, Omar Syarif masih berusaha mendapatkan Denok, sang gadis pujaan hati. Ia menantang Olan Delong untuk melakukan duel senjata api. Tembak-tembakan terjadi tapi Olan Denong-lah yang menjadi pemenang.

Cinta sang koboi dengan Denok akhirnya direstui oleh Tuan dan Nyonya Barkali. Akan tetapi, kelompok penjahat Al Jiun masih menghantui para warga Cibinong Plaza. Akankah Olan Delong, si koboi dengan kain sutra ungu mampu menaklukkan Al Jiun dan kawan-kawannya?

Film Koboi Sutra Ungu sungguh menarik untuk disaksikan bersama keluarga lewat streaming tanpa berlangganan di TrueID. Film yang dirilis pada awal dekade 1980-an ini merupakan salah satu film karya sutradara Nya’ Abbas Akup. Film lainnya dari pria kelahiran Malang pada 22 April 1932 itu adalah Inem Pelayan Sexy (tiga sekuel), Bing Slamet Koboi Cengeng (1974), Cintaku di Rumah Susun (1987) dan Boneka dari Indiana (1990).

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home