Belanda 3-2 Ukraina: Kemenangan Perdana Tim Oranye Sejak 2008!

June 14, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

AMSTERDAM – Lewat sebuah pertarungan yang seru dan menegangkan, Belanda akhirnya meraih kemenangan 3-2 atas Ukraina dalam laga Grup C Euro 2020 yang berlangsung di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam Senin (14/6) dini hari WIB.

Belanda langsung menekan sejak laga dimulai. Tercatat beberapa peluang dari Memphis Depay dan Stefan De Vrij masih belum menemui sasaran. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. 7 menit babak kedua dimulai, skuat asuhan Frank De Boer akhirnya memecah kebuntuan lewat gol Georginio Wijnaldum memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Denzel Dumfries.

Enam menit kemudian, kembali Dumfries berperan penting atas terciptanya gol kedua Belanda yang dicetak oleh Wout Weghorst. Ketinggalan dua gol belum membuat Ukraina menyerah, karena mereka justru sukses menyamakan kedudukan dalam waktu tiga menit tepatnya di menit ke-72 lewat gol cantik Andriy Yarmolenko dan sundulan Roman Yaremchuk di menit ke-75. Saat laga tampaknya akan berakhir imbang, sundulan Dumfries di menit ke-85 akhirnya menjadi penentu kemenangan Belanda.

Dengan kemenangan ini, Belanda untuk sementara berada di peringkat kedua klasemen Grup C. Belanda hanya kalah selisih gol dari Austria yang di laga sebelumnya mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 3-1. Hasil ini juga menjadi kemenangan perdana Belanda di ajang Euro sejak tahun 2008.

Tim Oranye terakhir meraih kemenangan di Euro pada tanggal 17 Juni 2008 saat mengalahkan Rumania dengan skor 2-0. Setelah itu, Belanda kalah tiga kali di fase grup Euro 2012 serta tidak lolos ke putaran final Euro 2016.

Saksikan klip aksi legenda Belanda Johan Cruyff di bawah ini:

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Go Back To Home